Kajian Top Urgent Tentang Kecerdasan Spiritual. Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan untuk mangatasi masalah nilai (value), yaitu kecerdasan untuk menempatkan perilaku dan hidup kita dalam konteks nilai yang lebih luas dan kaya, kecerdasan untuk menilai bahwa tindakan atau jalan hidup seseorang lebih bernilai dibandingkan dengan yang lain. Inilah pengertian kecerdasan spiritual menurut  Danah Zohar.

Dalam kajian Islam, pengertian kecerdasan spiritual adalah kemampuan seseorang untuk menjadikan segala sesuatu memiliki nilai (value) ibadah. Ini sejalan dengan nasihat Imam Ghazali yang kurang lebih intinya adalah “Jadikan gerak dan diammu bernilai ibadah”

Pengertian kecerdasan spiritual tersebut, juga tertuang dalam kitab suci kita: “Tidak Kuciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah”. (Adz Dzariyyat: 56). Inilah pesan Allah kepada jin dan manusia tentang kecerdasan spiritual.

Seperti anda tahu, prinsip bisnis adalah bagaimana cara mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dengan modal yang sekecil-kecilnya. Dalam bahasa uang, bisnis adalah mengeluarkan uang sedikit untuk mendapatkan uang yang lebih banyak.

Abdurrahman bin Auf adalah seorang pebisnis ulung. Tentunya beliau mengerti betul akan prinsip-prinsip bisnis seperti tersebut di atas. Namun, mengapa Abdurrahman bin Auf sering kali mengeluarkan uang tapi tidak untuk mendapatkan uang yang lebih banyak? Yes, ini fenomena aneh bukan? Sepintas memang terlihat aneh, tapi sesungguhnya tidak! Ini karena beliau memiliki kecerdasan spiritual. Uang yang beliau keluarkan bukanlah untuk kebutuhan bisnisnya, tapi untuk kebutuhan spiritual yang jauh lebih menguntungkan. Inilah salah satu pengertian kecerdasan spiritual yang konkret.

Pengertian kecerdasan spiritual lainnya adalah bagaimana kita dapat berperilaku sesuai dengan suara hati. Ada 99 suara hati yang harus kita lakoni, yaitu nilai-nilai yang terkandung dalam asmaul husna. Jelasnya, orang yang penuh kasih sayang, suka melindungi, adil, bijaksana, pemaaf adalah orang-orang yang memiliki kecerdasan spiritual.

Kini anda sudah memahami beberapa pengertian kecerdasan spiritual. Sangat penting untuk kita kaji, bukan? Jika anda tertarik untuk mengadakan kajian tentang spiritual di tempat anda, silakan hubungi kami.

Ada beberapa tema tentang kajian kecerdasan spiritual, rata-rata berdurasi 40 – 50 menit (termasuk tanya jawab). Pemateri : Ustadz H. Akhmad Tefur Sayidi, S.Si (Pembina IMTRA Training Center, penulis buku Pesona Jendela Rahasia – Menuju Bahagia dan 13 judul buku lainnya).

Metode penyampaian dapat disesuaikan dengan audience. Beberapa alternatif yang dapat anda pilih adalah:

  • Presentasi Powerpoint
  • Seminar Islam
  • Ceramah umum
  • Kultum bersambung
Yang harus anda sediakan oleh anda selaku penyelenggara:
  • LCD projector dan layar (jika anda memilih seminar/presentasi
  • Transportasi dan akomodasi pembicara
  • Copy makalah untuk peserta
  • Sound sistem standard
  • Bisaroh untuk pembicara dari IMTRA
Jika anda tertarik untuk mengadakan “Kajian Islam Tentang Kecerdasan Spiritual” di Kota Banjarmasin dan Sekiranya: Hubungi: 085332984870 Jika saat ini anda belum memungkinkan untuk mengadakan kajian tentang syahadat di tempat anda, mohon share informasi ini ke teman anda.